Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan

Para perempuan dan para dokter harus memikirkan masalah ini sebelum memutuskan kontrasepsi terbaik yang akan digunakan. Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai efek salah satu metode KB yakni efek KB suntik 3 bulan! Metode progesteron dapat digunakan sampai menoupose dan bahkan mungkin meredakan gejala perimenoupose.

Wanita yang mengalami migrain, gangguan hati, pembekuan darah, memiliki riwayat penyakit jantung, pendarahan di antara masa menstruasi, diabetes dengan komplikasi, kanker payudara, atau berisiko tinggi mengidap osteoporosis.

Memang ditemukan sejumlah kecil hormon didalam ASI, tetapi tidak mempunyai efek pada bayinya misalnya berat badan atau perkembangan bayi tidak terganggu. Jelaskan bahwa darah haid tidak terkumpul dalam rahim.

Kenali Perbedaan KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan

Haid baru datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan. Pemilihan metode KB ini diserahkan kepada setiap pasangan dengan arahan dari tenaga kesehatan terkait guna mendapat hasil yang optimal untuk menekan kehamilan. Selain itu jenis KB suntik ini juga akan mempertipis dinding rahim sehingga mempersulit implantasi sel telur.

Progesteron juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan penurunan aktivitas fisik. Tindakan Medis Anjurkan untuk melakukan diet rendah kalori dan olah raga yang proporsional untuk menjaga berat badannya. Berat badan meningkat atau naik jika hasil penimbangan berat badan lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelumnya.

Bila ibu sedang menggunakan jenis kontrasepsi jenis lain dan ingin menggantinya dengan jenis kontrasepsi suntikan yang lain lagi kontrasepsi suntikan yang akan diberikan dimulai pada saat jadwal kontrasepsi suntikan yang sebelumnya.

Gangguan haid Sekarang kita akan mulai membahas mengenai efek samping dari penggunaan metode KB suntik 3 bulan. MK 2. Dapat menurunkan jumlah darah pada saat Menstruasi dan menurunkan nyeri pada perut. Suntik KB 1 bulan ini sebaiknya tidak diberikan pada: Sedangkan pemakaian cyclofem berat badan meningkat rata-rata dua hingga tiga kilogram tahu pertama pemakaian, dan terus bertambah selama tahun kedua Varney, Efek samping utama pemakaian DMPA adalah kenaikan berat badan.

Jika anda mengalami gangguan setelah melakukan KB suntik segeralah periksakan diri anda atau konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat. Tidak dapat menerima terjadinya gangguan haid terutama amenorhoe. Efek pada sistem reproduksi Sebelum kita membahas mengenai efek samping yang bisa timbul dengan penggunaan metode KB ini, mari kita lihat apa saja efek KB suntik 3 bulan yang positif.

Secara tidak langsung aspek kejiwaan psikologis juga dominan dalam mempengaruhi kerja metabolisme di dalam tubuh. Mulai hari pertama sampai hari ketujuh siklus haid.

DMPA Depot medroxy progesterone acetate merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, kembalinya kesuburan pada akseptor KB suntik 3 bulan tidak terjadi segera setelah anda berhenti disuntik melainkan dapat terjadi dalam waktu bulan.

Secara umum faktor tersebut dapat dibagi atas dua golongan besar yaitu faktor intern dan faktor ekstern Bindiknakes, Kelenjar ovarium, 4. Kedua metode KB ini memiliki perbedaan dalam kandungan hormon yang terletak di dalamnya, pada metode KB suntik 1 bulan terdapat kombinasi 2 jenis hormon yakni estrogen dan progesteron sedangkan pada metode KB suntik 3 bulan hanya terdapat hormon progesteron.

Sumbatan secara umum dapat ditemukan melalui pengkajian fisik, sementara penyebab lain disingkirkan melalui analisis labolatorium dan terapi hormon. Ketika peneliti membandingkan ketiga grup ini, pengguna DMPA memiliki risiko 2 kali lipat dibandingkan pengguna kontrasepsi lainnya untuk mengalami obesitas selama 3 tahun pemakaian.

Jika ingin berhenti, tak perlu repot harus ke dokter, cukup hentikan saja pemakaiannya. Sebaliknya, perlindungan hanya efektif setelah 7 hari jika suntikan diberikan di luar waktu menstruasi.Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan Wanita yang menggunakan kontrasepsi medroxyprogesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik 3 bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kg dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu 3 tahun pemakaian, berdasarkan penelitian.

Wanita yang menggunakan kontrasepsi Depot medroxy progesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik tiga bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kilogram, dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu tiga tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch (UTMB) (Mansjoer, Author: Nie_Na  · Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

sehingga penulis dapat menyelesaikan SAP ini dengan judul “ Hubungan kontrasepsi suntik 3 bulan Depo Medroksi Progesteron dengan peningkatan berat badan”.Author: Dhias_Sylvie (Cyang).

KB suntik 3 bulan ini bekerja dengan cara menyuntikan hormon Progestin kedalam pembuluh darah sehingga menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga dapat mencegah terjadinya pembuahan.

Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding elbfrollein.com: Infosehat.

· Obat KB suntik yang 3 bulan sekali setiap 12 minggu. Dosis DMPA tidak perlu disesuaikan dengan berat badan klien. KOMPOSISI. Suspensi Steril Depo Medroxy Progesteron Acetat (DMPA) dalam air: · Author: Rereyrashyab. Efek KB suntik 3 bulan yang berikutnya akan kita bahas adalah sakit kepala dan berdasarkan data dapat terjadi pada hampir 17% akseptor KB suntik ini.

Mekanisme dari keluhan ini belum diketahui dengan pasti akan tetapi pengaruh hormonal diduga kuat sebagai pencetus sakit kepala pada akseptornya. Sakit kepala yang terjadi pada akseptor KB suntik 3 bulan biasanya berupa migrain dimana timbul nyeri.

Penyebab kb suntik 3 bulan dengan peningkatan berat badan
Rated 5/5 based on 5 review